Beli Kios

Anda tinggal di Semarang dan ingin membuka toko telepon genggam? Berniat menyewa atau membeli kios di sebuah pusat belanja (mal ataupun pusat grosir)? Atau Anda berniat berinvestasi dengan membeli kios untuk disewakan? Sekilas, hal itu bisa dilakukan dengan mudah bila punya dana cukup. Karena banyak pusat belanja di Semarang masih menyediakan kios untuk disewakan atau dijual.

Walau begitu, sudah tentu Anda harus tetap cermat sebelum memilih kios yang tepat. Maklum, kalau kios yang diambil tak tepat, Anda bisa merugi gara-gara omzet penjualan tipis ataupun kios tersebut ternyata sulit disewakan.

Hal-hal apa yang perlu diperhatikan saat mencari kios? Berikut ini beberapa petunjuk :

1. Saat ini, boleh dikatakan bahwa iklim investasi kios tak terlalu bagus. Yield sewa ataupun capital gain dari kios tak bisa terlalu diharapkan. Karena itu, lebih baik bila Anda membeli ataupun menyewa kios untuk digunakan sendiri.

2. Kalau Anda sudah berniat berdagang di kios, tentukan dulu jenis barang yang hendak dijual. Cari kios di lokasi yang sudah ramai dan dikenal sebagai pusat bisnis barang tersebut.

Misalnya, bila ingin berdagang telepon genggam, lebih baik mencari di ITC Roxy Mas ataupun ITC Ambassador. Contoh lain, untuk berdagang garmen, carilah kios di pusat belanja di Tanah Abang.

3. Yang sering mematahkan semangat, mencari kios di lokasi favorit seperti itu cukup sulit. Untuk mengatasi hal itu Anda memang mesti rajin menelusuri lokasi tersebut.

Kadang-kadang, Anda akan bertemu dengan para perantara yang bisa mencarikan kios untuk disewakan. Anda pun bisa menggunakan jasa agen properti resmi untuk mencarikan kios itu.




4. Kalau rajin mencari dan beruntung, Anda bahkan mungkin bisa membeli kios di lokasi tersebut, meski harganya tak murah. Di sinilah sejumlah keuntungan akan menunggu Anda. Kios tersebut tentu mudah disewakan atau Anda bisa memakai sendiri sembari menunggu harga jualnya naik.

Semoga berburu kios, semoga Anda beruntung!

No comments:

Post a Comment