Pindah Rumah

Anda ingin menempati sebuah hunian baru? Jika ya, pastinya Anda akan mulai pindahan rumah ya. Biasanya karena banyaknya perabot yang akan dipindahkan, orang cenderung untuk menggunakan mobil angkut. Kedengarannya praktis namun Anda perlu mencermati barang-barang tersebut ketika hendak diangkut supaya jangan sampai tercecer, rusak, dan sebagainya. Untuk itu, Anda perlu menentukan penempatan ketika meletakkannya di mobil angkut.

Kira-kira, apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum mengepak dan menaruhnya di mobil angkutan? Baca dulu tips berikut ini:

   1. Pertama, dahulukan kegiatan mengepak barang-barang. Sebaiknya Anda pilah pilih dan pisahkan barang mana saja yang akan segera dipacking. Buat dua kategori untuk perabot-perabot  ini yaitu kelompok yang mudah dan aman diangkut, kelompok yang harus diangkut dengan hati-hati, dan kelompok barang yang digunakan setiap hari maupun tidak setiap hari.
   2. Lalu, isi kardus tersebut, dan kalau bisa dengan satu jenis barang/kebutuhan, misalnya kardus khusus buku, majalah, mainan, hiasan, dan sebagainya. Selain tidak mudah rusak, Anda pun mudah memberi nama pada kardus, tidak sulit ketika mencari dan mengeluarkannya barang-barang itu. Juga berikan pewangi atau kamper untuk jenis barang tertentu, untuk menjauhkan dari hewan-hewan perusak.
   3. Untuk mengelompokkan barang berukuran kecil maupun pernak-pernik, Anda bisa membungkusnya / melapisi dengan kertas koran. Tujuannya, supaya tidak mudah pecah, tergores, dan lain-lain. 
   4. Bila memungkinkan, cicil waktu pindahan jauh-jauh hari. Tujuannya supaya tidak semua barang menumpuk saat dipindahkan.
   5. Untuk mengangkut barang, sewa mobil angkut barang yang memiliki kapasitas sesuai kapasitas perabot Anda. Kadang lebih baik menyewa mobil besar supaya sekaligus bisa mengangkut barang lebih banyak, daripada bolak-balik beberapa kali, karena menghemat waktu dan biaya.
   6. Punya barang-barang yang sekiranya tidak Anda gunakan lagi? Anda bisa mempertimbangkan untuk memberikannya kepada orang lain.
   7. Hati-hati saat memindahkan barang pecah belah. Sebaiknya packing dengan baik agar tidak pecah. Begitupula dengan dokumen penting dan barang berharga, sebaiknya dipisahkan dan Anda sendiri yang menyimpannya agar tidak hilang saat pindahan.
   8. Jika Anda memiliki anak-anak sebaiknya mereka dititipkan dulu di rumah nenek atau saudara. Bisa saja mereka justru merepotkan dan mengganggu sehingga waktu pindahan menjadi lebih lama.




Jika semua urusan ‘pindahan’ Anda sudah berangsur beres dan selesai, selanjutnya memastikan pengaman pintu-pintu, kuncinya telah rapi semua. Jika perlu, bisa mengganti kunci pengaman dengan yang baru, terutama demi keamanan. Lalu, segera kenalkan diri Anda kepada ketua RT dan warga setempat, terutama tetangga terdekat, agar keberadaan Anda diketahui. Dengan begitu, Anda siap menempati rumah baru di lingkungan yang baru pula. Setelah pindah, jangan lupa memberitahukan alamat baru kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti bank, agen koran dan lainnya yang secara rutin mengirim sesuatu (barang ataupun dokumen) ke alamat sebelumnya.

No comments:

Post a Comment